Ribetnya Bikin Paspor di Indonesia

Saat ini sedang ramai di pemberitaan tentang Syarat permohonan paspor yang mana pemohon harus mempunyai tabungan senilai 25 Juta.
 
Kebijakan ini ditetapkan menyusul adanya surat edaran nomor IMI-02177.GR.02.06 tahun 2017 tentang pencegahan Tenaga Kerja Indonesia non-prosedural. Adapun kebijakan ini sudah berlaku sejak 1 Maret 2017.
 
Kebijakan diatas berlaku hanya bagi pemohon dengan tujuan wisata keluar negeri, ini diterapkan sebagai tindakan preventif mencegah tindak pidana perdagangan orang.
 
Lalu bagaimana untuk Jamaah Umroh &Haji?
 
Untuk Jamaah Umroh/ Haji bisa mengajukan pembuatan paspor dengan langkah berikut:
1. Meminta kepada pihak travel untuk membuat surat permohonan rekomendasi pembuatan paspor ditunjukan kepada Kementerian Agama Kabupaten/ Kota.
2. Melampirkan Surat Keterangan Umroh & Copy Izin PPIU dari pihak travel.
3. Setelah mendapatkan surat rekomendasi dari Kementerian Agama, jamaah mengajukan ke Kantor Imigrasi dengan membawa semua dokumen yang tadi disebutkan (1. Surat Rekomendasi 2 Surat Keterang Umroh dr Travel 3. Copy Surat Izin PPIU).
 
Untuk lebih jelas sebaiknya hubungi dulu Kantor Imigrasi yang akan dituju untuk pembuatan, karena bisa jadi di beberapa Imigrasi berbeda alurnya.
Selain itu bagi pemohon yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri dengan tujuan lain, akan diterapkan persyaratan sebagai berikut:
1. Untuk keperluan magang dan program bursa kerja khusus, meminta surat rekomendasi dari Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Tenaga Kerja.
2. Untuk kunjungan keluarga, meminta surat jaminan dan fotokopi paspor dari keluarga yang akan dikunjungi.
3. Untuk keperluan wisata, melampirkan buku tabungan atas nama pemohon dengan nominal sekurang-kurangnya Rp 25 juta.

You might also like More from author

Leave A Reply